Rabu, 02 Januari 2013

Laporan Perkembangan Pendampingan UPI


LAPORAN PERKEMBANGAN
PROGRAM PENDAMPINGAN SMK
SMK NEGERI 1 RANCAH

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Laporan Perkembangan
Program Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pengajar Berbasis TIK dengan Pola Pendampingan Tahun 2012/2013




   

Oleh:
ADIARTANTI SETYONO PUTRI (0907328)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2012

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dengan belum meratanya pembangunan di Negara Indonesia, berakibat pula pada kurangnya tenaga pengajar, terutama pada sekolah-sekolah yang berada di kawasan terpencil, hal tersebut melandasi adanya salah satu program yang dibuat oleh Direktorat Pembinaan SMK yaitu Pendampingan SMK. Program tersebut telah dilaksanakan dari beberapa tahun sebelumnya, dan menghasilkan banyak manfaat baik dari sekolah yang menjadi tempat Pendampingan SMK maupun bagi mahasiswa sebagai tenaga bantu pengajarnya.
Tenaga produktif di SMK-SMK  masih mengalami kekurangan tenaga pengajar produktif, sehingga Direktorat Pembinaan SMK pada tahun anggaran 2012  bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi yang kompeten untuk memberdayakan mahasiswa-mahasiswa peserta program Kuliah Kerja Nyata (KKN)/ Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Program sejenis yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Dalam pelaksanaan program pendampingan SMK ini, tugas utama para mahasiswa adalah mengajar sesuai dengan program keahlian yang dibutuhkan di SMK-SMK tersebut. Sebagai tugas tambahan yang bisa dilakukan  mahasiswa diantaranya tentang penantaan administrasi sekolah, pembenahan media pembelajaran, pembenahan dan penataan perpustakaan, penataan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, pengembangan kegiatan ekstrakulikuler sekolah.

Adapun yang menjadi sasaran dari program pendampingan SMK disini adalah sekolah-sekolah kejuruan yang ada di daerah-daerah terpencil dan berada di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya adalah SMK Negeri 1 Rancah yang terletak di Jalan Rajadesa No. 412 memiliki 20 ruangan yang berdiri diatas tanah seluas 13.415 m2 dan merupakan sekolah kejuruan pertama yang berada di Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. SMK Negeri 1 Rancah berdiri pada tanggal 14 Mei 2007 dan mulai beroprasi pada tahun pelajaran 2007/2008 dengan SK Pendirian Nomor : 421.5/1006/Disdik/2007 Oleh Bupati Ciamis.

B.     Tujuan

Adapun tujuan dari pendampingan SMK di SMK Negeri 1 Rancah ini adalah :
Penguatan Kegiatan Belajar Mengajar
            Kegiatan penguatan Kegiatan Belajar Mengajar di maksudkan agar siswa lebih memahami materi dengan berbagai metode penyampaian yang bisa mempermudah siswa memperoleh materi pelajaran. Sebelumnya analisis terlebih dahulu permasalahan atau materi apa yang kurang difahami oleh siswa dan mencari alternatif pemecahan atau solusinya.

Manajemen sekolah :
1.      Penataan Sistem Administrasi Sekolah
Dengan adanya program Pendampingan SMK ini diharapkan sistem administrasi sekolah terutama di SMK Negeri 1 Rancah ini bisalebih baik lagi.
2.      Pembenahan Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang dirasa kurang optimal dicarikan solusinya agar bisa kondusif sehingga membantu proses belajar mengajar.
3.      Pembenahan dan penataan Perpustakaan
Dilakukan pembenahan dan penataan perpustakaan sebagai sarana penunjang pembelajaran siswa.
4.      Penataan Lingkungan Sekolah yang Bersih dan Sehat
Melalui program pendampigan ini, bisa diambil manfaatnya salah satunya dengan menciptakan lingkungan sekolah yang Bersih dan Sehat
5.      Pengembangan kegiatan Ekstrakulikuler sekolah
Melakukan pengoptimalisasian kegiatan ekstrakulikuler sekolah sebagai wadah pengembangan karakter siswa.

           


BAB II
PELAKSANAAN DAN PERKEMBANGAN KEGIATAN
A.    Penguatan Kegiatan Belajar Mengajar
Bidang keahlian SMK Negeri 1 Rancah ini adalah Bisnis Manajemen dan Teknik Informatika, sedangkan kompetensi kahliannya meliputi multimedia, akuntansi, pemasaran dan desain komunikasi visual.
 Peserta Program peningkatan profesionalisme tenaga pengajar berbasis TIK dengan pola pendampingan di SMK Negeri 1 Unaaha telah melaksanakan penguatan kegiatan belajar mengajar untuk mata diklat produktif pada kompetensi keahlian Pemasaran, adapun proses penguatan kegiatan belajar mengajarnya sebagai berikut:

Nama : Adiartanti Setyono Putri
Bidang Keahlian : Manajemen Bisnis / Pemasaran

Kompetensi Jurusan pemasaran :
·         Tujuan
Penyelenggaraan diklat Kompetensi Keahlian Pemasaran bertujuan mempersiapkan peserta diklat agar dapat bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimilki, membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan serta sikap dalam hal :
Menata produk | Melaksanakan proses administrasi | Memahami perinsip bisnis | Konfirmasi keputusan pelanggan | Pelayanan prima | Membuka usaha Retail | Pemasaran barang dan jasa | Mengoprasikan transaksi | Melaksanakan negosiasi | Menagih pembayaran | Penyerahan /pengiriman produk | Menemukan peluang baru dari pelanggan.
·         Ruang lingkup
Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan program studi keahlian tata niaga, kompetensi keahlian pemasaran adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang pada kompetensi keahlian pada jenjang SMK antara lain adalah :
1. toko/dealer : Pramuniaga/SPG, kasir, pergudangan, packing, pemasaran/sales
2. pabrikasi : Sortir barang, pergudangan, keuangan, distribusi barang, medical representative
3. koperasi : Manager, pemasaran, pembukuan, pertokoan
4. perbankan : Teller, customer service, debt collector
5. asuransi : Pencari nasabah, debt collector, dan
6. lain – lain
Dengan memanfaatkan kemampuan pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan program studi kehalian tata niaga juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha.
·         Kemampuan tamatan
Tamatan program studi keahlian tata niaga dapat menampilkan diri sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti yang luhur, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai tanggung jawab ke masyarakat dan kebangsaan.
Kemampuan khusus yang dimiliki tamatan program studi keahlian tata niaga adalah :
  1. Melayani pembeli dalam perdagangan retail/eceran.
  2. Melakukan pemasaran.
  3. Melakukan pembelian barang dagangan.
  4. Mengelola barang dagangan.
  5. Melaksanakan tugas kekasiran.
  6. Menyelenggarakan administrasi transaksi penjualan dan pembelian.
  7. Melaksanakan tugas perantara perdagangan.
  8. Mengelola kegiatan usaha dagang.
Adapun Standar kompetensi dan jumlah jam yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
NO.
STANDAR KOMPETENSI
SEMESTER
JUMLAH JAM

1.
Menerapkan keselamatan Kesehatan kerja dan lingkungan hidup
1
4




2..
Menerapkan Prinsip professional bekerja
1
4

3
Melaksanakan komunikasi bisnis
1
4
4.
Memahami Prinsip-prinsip bisnis
1+2
2
5.
Membuka usaha eceren/Ritel
2
4
6.
Melaksanakan pelayanan prima
2
4
7.
Menata Produk
2
4
8.
Menemukan peluang baru dari pelanggan
3
4
9.
Melakukan konfirmasi keputusan pelanggan
3
5
10.
Melakukan negosiasi
3
4





Segmentasi Pasar
3


Mempersiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan


11.
Melakukan administrasi transaksi
3+4
3
12.
Melakukan pemasaran barang dan jasa
4
4




13.
Melakukan penyerahan barang dan jasa
5
4
14.
Mempersiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi di lokasipenjualan
5+6
4
15.
Menagih pembayaran
6
7

Jumlah

61

Struktur Organisasi


Kondisi Siswa
Kondisi Siswa SMK Negeri 1 Rancah
Tahun Pelajaran 2011-2012
Bulan Maret 2012
Kompetensi
Keahlian
Jumlah Rombel
Jumlah Siswa
Total
I
II
III
Jumlah
Tingkat X
Tingkat XI
Tingkat XII
L
P
Jml
L
P
Jml
L
P
Jml
Multimedia
2
2
2
6
53
17
70
54
14
68
43
24
67
205
Akuntansi
3
3
4
10
43
73
116
34
79
113
55
93
148
377
Pemasaran
2
2
2
6
27
24
51
37
24
61
36
33
69
181
JUMLAH
7
7
8
22
123
114
237
125
117
242
134
150
284
763


B.     Manajemen sekolah :
1.   Penataan Sistem Administrasi Sekolah
Bekerjasama dengan pihak sekolah dalam meneyelesaikan penataan sistem administrasi sekolah untuk mendapatkan sertifikat ISO.

2.      Pembenahan Media Pembelajaran
Pengoptimalan dan pengadaan peralatan yang menunjang proses belajar mengajar siswa, seperti penggunaan infocus, layar, dan peralatan praktek pemasaran (pealatan dan perlengkapan jual beli)

3.      Pembenahan dan penataan Perpustakaan
Menata kembali ruang perpustakaan yang jarag digunakan oleh siswa untuk membaca buku, dan pengadaan buku-buku ilmu pengetahuan umum.

4.      Penataan Lingkungan Sekolah yang Bersih dan Sehat
Dilakukan program kebersihan 1 minggu sekali dan dibuatkan jadwal piket harian (khusus lab.pemasaran)

5.      Pengembangan kegiatan Ekstrakulikuler sekolah
Dilakukan tekhnik penyampaian materi (PRAMUKA) dengan metode baru agar latihan rutin setiap minggu tidak terasa monoton dan memotivasi siswa baru untuk mengikuti ekstrakulikuler PRAMUKA (BANTARA)















BAB III
PERMASALAHAN DAN PENANGGULANGANNYA
A.    Peningkatan Proses Belajar Mengajar
            Permasalahan yang menjadi kendala dalam peningkatan Proses Belajar Mengajar adalah rendahnya semangat atau motivasi belajar siswa, hal itu terlihat dengan banyak siswa yang pulang atau bolos ketika pelajaran berlangsung dan adanya siswa yang keluar atau dikeluarkan oleh sekolah setiap tahunnya. Maka dari itu peserta pendampingan pada saat awal pertemuan dikelas menampilkan video-video testimonial da komitmen belajar untuk meningkatkan motivasi siswa.
            Tenaga pengajar yang ada di SMKN 1 Rancah berjumlah 47 orang, 20 orang tenaga PNS dn sisanya adalah guru bantu (honorer), rata-rata tenaga pengajar memilik latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan bidang pengajarannya.
B.     Penataan Sistem Administrasi Sekolah
Penataan system administrasi di SMK Negeri 1 Rancah sudah tertata baik karena telah memperoleh sertifikat ISO, namun dalam pemanfaatan system administrasi tersebut belum maksimal, sebagai contoh adalah pendataan perlengkapan dan peralatan praktek dilaboratorium pemasaran dalam prosedur sdministrasi harus di data dalam bentuk soft file atau hard file (format diketik) dan dilaporkan ke bagian sarana dan prasarana, namun dalam kenyataannya pendataanya masih manual. Maka dibuatkan format pendataan agar mudah dalam pengisiannya.
C.    Pembenahan Media Pembelajaran
Pada saat peserta pendampingan datang ke SMK Negeri 1 Rancah, media computer, infocus dan layar, serta peralatan praktek sudah ada, kecuali peralatan praktek jurusan audio visual (merupakan jurusan baru). Akan tetapipenggunaan infocus dan layar belum maksimal digunakan bahkan hanya disimpan di lemari, maka dari itu peserta mencoba mengoptimalkannya dengan menggunakan media tersebut disetiap pertemuan dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga dapat diikuti oleh guru-guru lainnya.
Selain itu diadakan juga pelatihan computer atau media pembelajarn untuk para guru agar memiliki kemampuan memanfaatkan computer sebagai sarana atau media belajar siswa dalam proses kegiatan belakar mengajar.

D.    Pembenahan dan Penataan Perpustakaan
Penataan buku-buku perpustakaan sudah baik, namun ada berbagai Kendal dalam pengoptimalisasian perpustakaan, diantaranya adalah penggunaan fungsi perpustakaan yang merangkap dengan ruang kesenian, dan buku bacaan yang tersedia di SMK Negeri 1 Rancah hanya buku-buku pelajaran yang jarang digunakan oleh siswa, buku ilmupegetahua umum sangat jarang sekali, maka dari itu perlu diupayakan pengadaan buku-buku perpustakaan.

E.     Penataan Lingkungan Sekolah yang Bersih dan Sehat
Kebersihan skolah merupakan permasalah utama di SMK Negeri 1 Rancah ini, bukan hanya karena kesadaran siswa dan aparat sekolah untuk menjaga kebersihan, tetapi jugakarena system moving class´yang membuat adanya jadwal piket harian menjadi tidak berfungsi.
Maka dari itu agar siswa dapat termotivasi menjaga kebersiha kelas, perlu adanya suatu program kejuaraan kebersihan, bila tidak memungkinkan karena siswa tidak mempunyai kelas yang tetap karena moving class maka minimal penilain kebersihan berdasarkan laboratorium setiap jurusa.
                                                                                                    
F.     Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler
Untuk bidang ekstrakurikuler, peserta pendampingan cukup direpotkan dengan kebiasaan siswa yang langsung pulang ke rumah setelah bel tanda belajar berakhir. Hal tersebut dikarenakan jarak antara sekolah dengan rumah siswa relatif jauh. Jadi jarang sekali siswa yang bersedia meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Disamping itu kurangnya jenis ekstrakurikuler sekolah dibanding ekstrakurikuler di luar sekolah sehingga cukup mengurangi motivasi siswa untuk masuk ekstrakurikuler tertentu sesuai dengan minat dan bakatnya. Hal ini juga dikarenakan kurangnya dukungan dari pihak sekolah.


Analisis Pemasalahan
Berdasarkan hasil pengamatan bahwa di SMKN 1 Rancah memiliki permasalahan yang utama, yaitu:
    1. Kebersihan
    2. Pengoptimalisasian Perpustakaan
Metode Pemecahan Masalah
Untuk memecahkan permasalahan di atas dapat ditempuh dengan cara-cara sebagai berikut:
  1. Pengadaaan Program Kebersihan se minggu sekali
  2. Mengadakan Program Kejuaraan Kebersihan antar kelas/jurusan
  3. Pengadaan Tempat Sampah/pembuangan Organik dan non-Organik
  4. Pendaur ulangan sampah non-organik
  5. Pengadaaan Buku Perpustakaan









BAB IV PENUTUP
A.      Gambaran SMK Negeri 1 Rancah
              Lokasi SMK Negeri 1 Rancah cukup strategis berada di pinggir jalan utama Rancah-Cisaga, dari lokasi sekolah ke kecamatan dapat ditempuh sekitar 10 menit dengan kendaraan. Akan tetapi akses menuju sana cukup sulit, karena angkutan umum yang melewati atau beroperasi ke arah tujuan Rancah terbatas, hanya beroperasi dari pukul 6.00 sampai pukul 15.00
              Jalan yang ditempuh dari kecamatan lain misalnya kecamatan Rajadesa cukup jauh, jalannya pun terbilang jelek, menurut warga sekitar jalan tersebut sudah pernah diperbaiki mengingat pentingnya akses jalan tersebut, akan tetapi karena kendaraan yang melalui jalan tersebut bermuatan berat, seperti truk pengangkut kayu, maka jalan tersebut kembali rusak.
Pelaksanaan program pendampingan berjalan dengan baik karena didukung oleh berbagai pihak terutama dari pihak sekolah, program yang akan dibenahi atau belum sesuai dengan harapan semoga akan terus mengalami perbaikan. Selain bertujuan untuk membantu dan memberikan manfaat kepada sekolah, program pendampingan ini uga sangat bermanfaat bagi peserta agar lebih mengenal dunia pendidikan dan bersosialisasidi ranah kependidikan serta melatih bersikap sebagai tenaga pengajar yang professional.
Akhirnya peserta pendampingan ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan program ini sampai dibuatnya laporan perkembangan ini. Semoga hal-hal yang belum terlaksana sampai laporan ini dibuat, dapat diselesaikan dengan baik oleh peserta pendampingan.






B.     Lampiran
·         Jalan Menuju Lokasi


SITUASI SEKITARAN SMKN 1 RANCAH
 
PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU

KANTIN
 

PERPUSTAKAAN
 
MINI MARKET DAN BANK MINI
 

 
SUASANA BELAJAR MENGAJAR DI LABORATORIUM PEMASARAN
 
 
RUANGAN LABORATORIUM PEMASARAN

EKSTRAKULIKULER PASKIBRA
 

UKS
PRAMUKA

2 komentar: